tugas cs online
Blog

5 Tugas CS Online di Berbagai Platform yang Pebisnis Perlu Tahu

Tugas CS online– Sebelum kita membahas 5 tugas CS online di berbagai platform, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu apa sih arti customer service (CS).

CS itu sendiri artinya segala aktivitas yang ditujukan untuk memberi layanan yang memuaskan kepada klien atau pelanggan. Di dalamnya sudah termasuk memberi informasi, perhatian, dan rasa nyaman sehingga pelanggan mendapat solusi yang diperlukan.

Pengertian Customer Service menurut beberapa ahli sebelum kita bahas 5 tugas CS online di berbagai platform

Menurut Phipil Kotler (Profesor, pengarang dan konsultan marketing dari Amerika)

CS atau yang secara mudah kita pahami sebagai pelayanan online adalah kegiatan atau aktivitas apapun yang diberikan oleh satu pihak kepada pihak lain. Aktivitas tersebut tidak berwujud dan tidak ada kaitannya dengan kepemilikan sesuatu.

Menurut Kasmir (2003, 216)

CS adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah.

Dari pengertian-pengertian di atas, maka bisa kita pahami bahwa CS pada dasarnya adalah setiap aktivitas yang ditujukan untuk meyakinkan, memberi solusi serta informasi kepada pelanggan, klien, atau konsumen sehingga mereka teryakinkan dan mendapat kepuasan.

Selanjutnya, mari kita simak dan bahas bersama tentang 5 tugas customer service atau admin online diberbagai platform. Semoga bermanfaan bagi proses Anda memberi pelatihan bagi CS di toko online atau website Anda sendiri. Jika CS tahu tugasnya, maka pasti ia mampu menjalankan pekerjaannya secara lebih baik.

Tapi, jika Anda sekarang belum memiliki CS dan sedang membutuhkan customer service Shopee atau admin untuk toko online dan website, Jobshare bisa menyiapkannya untuk Anda. Beberapa pebisnis online sudah merasakan manfaat dan keuntungan dari menggunakan CS yang disiapkan oleh Jobshare. Pebisnis sama sekali tidak diribetkan oleh urusan perekrutan dan pelatihan. Mereka hanya menunggu laporan closing setiap harinya.

READ  7 Skill Wajib Bagi Customer Service Toko Online Anda

Mudah ya? Langkah kemenangan harus diambil dari hal-hal sederhana, menggunakan CS untuk toko online Anda, misalnya. Tenang, santai dan rileks saja. Anda bisa langsung menghubungi Jobshare dengan mengunjungi websitenya. Klik di sini untuk mengawali langkah kemenangan Anda.

5 Tugas customer service atau admin online di berbagai platform yang penting Anda baca

  • Menempatkan diri sebagai penerima tahu atau resepsionis

Tugas dari CS adalah mampu menempatkan diri sebagai penerima tamu atau resepsionis. Ini berarti jelas seorang CS harus selalu berada di garis depan. Melalui dia lah tamu, klien atau calon customer pertama kali mendapatkan sambutan. Untuk itulah CS harus mampu menjadikan dirinya pribadi yang membuat klien/konsumen/pelanggan merasa diperhatikan dan dihargai.

Sebagai resepsionis yang baik, entah ini secara offline atau online, CS harus mampu menjelaskan dengan baik ketika klien atau konsumen bertanya. Tidak hanya mampu menjelaskan detail tentang perusahaan, tetapi juga harus bisa memberi informasi yang akurat mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tempat ia bekerja.

  • Berperan sebagai Customer Relation Officer (CRO) yang mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan

CS pasti akan sering bertemu atau berhubungan dengan konsumen. Itulah sebabnya ia punya peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan mereka. Pelayanan yang ramah atau tidak mudah marah akan membuat konsumen merasa nyaman.

Ketika konsumen menyampaikan keluhan, CS harus mampu menenangkan dan kemudian memberi solusi terbaik sehingga mereka tidak lari ke toko pesaing. Untuk membuat mereka kerasan haruslah ada alasan yang mampu membuat mereka tinggal, layanan yang menyenangkan, contohnya.

  • Menjadi komunikator yang baik

CS menjadi penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Jika CS tidak mampu menjelaskan atau menyampaikan pesan dengan jelas, bisa menghambat proses membangun kepercayaan pada konsumen. Jadi jelas bahwa menjadi komunikator yang baik harus mampu dilakukan oleh CS dimanapun platformnya.

  • Melayani konsumen melalui telepon, WA maupun media lainnya
READ  10 Manfaat Manajemen Medsos untuk Bisnis Anda dari Jasa Outsourcing Jogja

Media apapun yang digunakan, CS harus mampu melayani konsumen dengan baik. Secara offline atau online, dia harus bisa mencatat dengan baik pesan, keluhan, pesanan atau apapun dari konsumen. Ini penting sehingga konsumen merasa diperhatikan, dianggap penting dan dihargai.

Wajib juga kan mengirimkan pesanan yang tepat kepada konsumen? Ini berkaitan erat dengan reputasi bisnis Anda. Ketepatan dan kecepatan pengiriman menjadi nilai plus perusahaan.

  • Rapi menangani administrasi

Menjadi customer service dimanapun, bagian admisnistrasi harus selalu rapi. Ini penting guna memudahkan proses pengecekan jika terjadi kesalahan, misalnya kesalahan dalam pengiriman pesanan atau alamat. Tanpa administrasi yang rapi, CS sendiri akan sulit melacak dan menemukan kebenaran dari komplain konsumen.

Dari 5 tugas customer service Shopee yang sudah kita bahas di atas, maka sebagai pebisnis atau pemilik toko online tentunya semakin paham cara mengevalusi CS yang ada. Jangan sampai CS Anda tidak melakukan satu atau lebih dari hal-hal di atas.

Jika Anda sedang mencari CS online dan tidak tahu harus merekrut kandidat dengan kualifikasi seperti apa, Jobshare bisa membantu Anda. Soal merekrut dan memberi training atau pelatihan bagi CS, Jobshare yang akan menangani. Jobshare adalah perusahaan penyedia jasa outsourcing Jogja berdedikasi dan terpercaya.

Anti ribet! Begitu singkatnya. Jobshare mengerti kebutuhan pebisnis kekinian. Anda yang ingin punya lbih banyak waktu bersama keluarga atau orang-orang tersayang, jangan tunda lagi mewujudkannya. Segala keribetan di toko online Anda biar CS yang menangani.

Di artikel selanjutnya, kita akan membahas tentang 7 tips menjadi customer service Lazada. Jangan sampai ketinggalan ya. Baca juga Mencari Customer Service Tokopedia yang Andal? Jobshare Solusinya. Buat Anda yang mencari CS, wajib baca untuk mendapatkan informasi seputar CS online.

READ  Jasa Outsourcing Jogja, Jobshare.id Berdedikasi dan Terpercaya

Diera serba cepat ini, jika tidak sungguh-sungguh mencari strategi tepat untuk bisnis online Anda, maka bersiaplah kalah dari pesaing. Jika selama ini Anda sudah bekerja keras, mungkin sudah waktunya Anda bekerja cerdas. Jobshare memahami kebutuhan pebisnis diera digital yang serba praktis, cepat, tetapi tanpa mengabaikan segi kemananan dan kenyamanan.

Kalau pesaing sudah bisa bersantai dan punya banyak waktu untuk melakukan hobi dan bersama orang-orang tersayang, yakin Anda tidak menginginkannya juga? Hubungi Jobshare sekarang juga. Semoga artikel 5 Tugas Customer Service atau Admin Online di Berbagai Platform yang Pebisnis perlu tahu ini bermanfaat dan menginspirasi.

Similar Posts