customer service
Blog

7 Skill Wajib Bagi Customer Service Toko Online Anda

Customer Service – Sebagai ujung tombak, customer service (CS) suatu perusahaan atau toko online haruslah pribadi yang mumpuni berkomunikasi dengan konsumen. Posisi CS online sebagai garis depan memang diperlukan sebagai penghubung antara perusahaan atau toko online Anda dengan (calon) pelanggan. Untuk itulah, ada 7 skill wajib bagi customer service toko online Anda, apapun platformnya.

Sayangnya, posisi CS sering kali diremehkan. Padahal untuk menjadi CS andal, diperlukan skill atau kemampuan dan keahlian yang tidak semua orang punya. Selain beberapa kemampuan yang harus dimilikinya, CS pun haru punya mental yang kuat karena sering kali harus menghadapi keluhan pelanggan.

Bagi Anda yang sedang mencari CS untuk toko online, pastikan Anda menyeleksi betul sehingga kandidat yang terpilih memiliki kemampuan yang mumpuni untuk meng-handle konsumen. Ini penting supaya reputasi toko online Anda terjaga dan bahkan meningkat karena pelayanan yang diberikan adalah excellent service atau layanan prima.

Setiap harinya, CS lah yang berinteraksi dengan konsumen. itulah sebabnya, mereka harus memiliki setidaknya beberapa skill atau kemampuan berikut ini. Apa saja? Mari kita simak bersama.

7 Skill Wajib Bagi Customer Service Toko Online Anda Agar Reputasi Bisnis Terjaga

Sabar menghadapi konsumen

Konsumen pasti memiliki karakter yang berbeda. Ada yang sekali transaksi, lalu tanpa ada komplain. Tapi, ada juga yang transaksi belum mencapai kata deal sudah banyak komplain. Kadang ada pula yang banyak bertanya, tetapi bahkan tidak jadi membeli. Tanpa kesabaran ekstra, seorang CS tentu akan mudah emosi.

Emosi CS yang tidak terkendali bisa berakibat fatal pada toko online Anda. Jangan sampai CS online Anda memarahi konsumen karena mereka banyak komplain. Dalam kondisi apapun, CS harus tetap dengan nada ramah dan menyenangkan. Dengan begitu, konsumen akan tetap merasa nyaman dan tidak memilih berbelanja ke pesaing Anda.

READ  7 Tips Sukses Menjadi Customer Service Shopee

Tekun dan teliti

Informasi yang CS dapatkan dari konsumen, mulai dari detail produk, pesanan, keluhan, pujian dan lain sebagainya harus dikumpulkan, dicatat atau simpan dengan baik dan terorganisasi. Ini sangat penting karena ketika terjadi komplain atau kesalahan, entah dari pihak perusahaan atau konsumen, data dan informasi yang tersimpan dengan baik akan mudah ditemukan kembali.

Dengan menunjukkan data dan informasi yang akurat, maka komplain atau kesalahan bisa mendapat solusi terbaik sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen. Perlu diingat bahwa konsumen selalu mengharapkan solusi dari setiap masalahnya. Jika mereka terpuaskan karena pelayanan dan solusi yang diberikan, maka bisa dipastikan mereka akan menjadi pelanggan.

Peka mendeteksi kondisi (calon) konsumen

Dilihat dari chat atau didengar dari nada bicara, seorang CS harus mampu membaca kondisi konsumen. Dengan terbiasa peka, seorang CS akan selalu bisa memberi saran, masukan dan solusi yang tepat bagi pelanggan.

Kondisi konsumen bisa menjadi acuan bagi CS untuk menentukan tindakan atau memutuskan sesuatu supaya konsumen mendapatkan yang mereka butuhkan dan terpuaskan.

Mampu menjadi pendengar yang baik

Selalu mampu jadi pendengar yang baik, itu satu kemampuan yang juga wajib dimiliki oleh CS. Memotong pembicaraan konsumen saat mereka komplain atau menyatakan keluhannya bisa dianggap kurang sopan. Jadi, CS harus mampu mendengar seluruh keluhan konsumen sampai selesai. Dengan begitu, CS akan lebih mudah menentukan solusi seperti apa yang tepat untuk diberikan.

Merespons dengan cepat

Apapun kondisinya, konsumen selalu minta direspons dengan cepat untuk mendapatkan jawaban, penjelasan ataupun solusi atas masalahnya. Itulah sebabnya, CS harus bisa berpikir, memutuskan dan merespons dengan cepat supaya konsumen tidak terlalu lama menunggu.

READ  Jasa Outsourcing Jogja, Jobshare.id Berdedikasi dan Terpercaya

Mampu berkomunikasi secara terstruktur dan jelas

Perlu selalu diingat bahwa konsumen tidak suka dengan apapun yang berbelit-belit. CS haruslah pribadi yang mampu berbicara secara terstruktur dan mudah dipahami. Jangan berputar-putar, terutama ketika konsumen membutuhkan. CS juga harus memastikan konsumen memahami penjelasannya. Ini penting demi kepuasan konsumen dan reputasi toko online Anda.

Memiliki kemampuan closing

Memiliki keahlian closing berarti CS sudah mengakhiri percakapan atau chat dengan baik, kemudian memastikan pesanan di-followup dengan benar sesuai permintaan konsumen. Closing juga berarti konsumen sudah puas dengan solusi yang diberikan oleh CS dan akhirnya konsumen memutuskan untuk membeli barang/jasa yang ditawarkan.

Itu dia 7 skill wajib bagi customer service toko online yang perlu Anda tahu. Ini penting, karena berkaitan erat dengan reputasi bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda selama ini sudah memiliki C untuk toko online, ada baiknya Anda lakukan evaluasi. Salah satunya dengan mengecek chat CS Anda dengan konsumen.

Atau, Anda bisa mengecek bagaimana review konsumen saat mereka berkomunikasi sampai proses closing. Di toko online yang ada di marketplace, biasanya dilengkapi dengan penilaian konsumen, dari sana Anda bisa mengetahu seperti apa CS Anda bekerja.

Bagi Anda yang belum memiliki CS, sudah waktunya Anda berpikir untuk mendelegasikan tugas yang Anda tangani sendiri selama ini. Dengan begitu, Anda akan lebih punya banyak waktu untuk memikirkan perkembangan bisnis. Selain itu, Anda akan lebih punya banyak waktu untuk bersama dengan keluarga atau orang-orang tersayang.

Tidak perlu risau dengan proses perekrutan, Jobshare bisa menyediakannya untuk Anda. Untuk memastikan kandidat memiliki skill yang dibutuhkan, Jobshare juga menyelenggarakan training bagi kandidat terseleksi sehingga siap bekerja sesuai yang diharapkan. Sebagai perusahaan penyedia jasa outsourcing Jogja yang berdedikasi dan terpercaya, Jobshare memahami kebutuhan para pebisnis diera digital.

READ  Jasa Outsourcing Jogja, Penyedia Staf Profesional

Diskusikan kebutuhan Anda dengan Jobshare atau klik di sini untuk mengunjungi websitenya terlebih dahulu. Waktunya Anda menjadi lebih santuy menjalankan toko online. CS yang mumpuni akan membantu Anda menjalankan usaha lebih mudah dan lebih lancar, jika melalui seleksi dan pelatihan yang tepat. Semoga 7 skill wajib bagi customer service toko online di atas bisa menjadi referensi untuk Anda lebih selektif memilih kandidat.

Similar Posts