customer service shopee
Blog

7 Tips Sukses Menjadi Customer Service Shopee

Customer service Shopee – Peran customer service (CS) atau admin online dimanapun memiliki peran yang penting. Sebagai figur yang berada di garis depan, CS harus memiliki kemampuan untuk membuat (calon) konsumen menjadi pelanggan setia. Itulah sebabnya 7 tips menjadi customer service shopee atau admin dinamapun perlu kita semua pelajari, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan CS.

Tidak hanya untuk Anda yang sedang membutuhkan CS, tetapi juga untuk Anda yang membutuhkan informasi tentang tips sukses menjadi CS online.

Maraknya bisnis secara digital membuat para pebisnis yang mulai mengambil langkah strategis meng-online-kan usaha. Namun, ketika toko online mulai ramai, mereka kewalahan menangani chat order. Jika ini tidak segera diatasi, maka akan berpengaruh pada keberlangsungan usaha.

Keribetan menjadi customer service Shopee atau di platform lain tidak harus Anda alami. Jika Anda pebisnis terlalu sibuk mengurusi perekrutan dan pelatihan bagi CS untuk usaha Anda, maka Jobshare lah solusinya. Jobshare adalah perusahaan penyedia jasa outsourcing yang bisa menyiapkan staf atau karyawan profesional untuk apapun bidang bisnis Anda. Klik di sini untuk mengunjungi websitenya.

Jobshare tidak hanya memberi kemudahan bagi Anda untuk menjalankan usaha secara online, tetapi juga memberikan pelatihan kepada kandidat CS online yang terseleksi sehingga mereka lancar menjalankan tugasnya. Dampaknya akan terasa pada toko online atau usaha yang Anda jalankan.

Sekarang, mari kita simak bersama 7 tips sukses menjadi customer service Shopee berikut ini. Semoga memberi inspirasi dan tambahan wawasan bagi Anda yang sedang mencari CS untuk toko online.

7 tips sukses menjadi customer service Shopee yang wajib Anda tahu

  • Berkomunikasi dengan baik kapan saja

Ini salah satu kunci sukses bagi CS online, komunikasi yang baik dengan para konsumen. Mereka yang belum pernah berbelanja sebelumnya akan merasa nyaman ketika dilayani dengan ramah, hangat dan menyenangkan.

READ  Perusahaan Outsourcing Jogja, Mengerti Kebutuhan Pebisnis Diera Digital

Tidak hanya itu, CS juga harus mampu memilih kata yang mudah dipahami. Tidak perlu dengan bahasa terlalu formal, cukup dengan bahasa sederhana yang jelas sehingga pesan dan penjelasan tersampaikan dengan baik.

  • Menguasai product knowledge

Sebagai ujung tombak perusahaan, CS haruslah menguasai detail produk yang ditawarkan. Tanpa hal ini, tentu CS akan sulit membuat konsumen teryakinkan. Jika konsumen tidak teryakinkan, maka jelas kemungkinannya kecil untuk mencapai closing.

  • Memberi respons yang cepat

Siapapun senang mendapat respons yang cepat. Konsumen akan merasa diperhatikan dan dihargai. Beberapa faktor yang memberi rasa nyaman tersebut haruslah dipertahankan supaya konsumen pun betah dan akhirnya menjadi penggan setia.

Respons yang lambat dari CS bisa menjadi nilai minus dari konsumen. Mereka yang mendapatkan respons lambat akan menyebarkan berita tersebut dan lebih banyak orang yang akan mengetahui layanan toko online Anda.

  • Mampu meyakinkan pelanggan

Keahlian lain yang harus dikuasai CS adalah bisa meyakinkan konsumen. Meyakinkan di sini tentu harus diikuti dengan penjelasan atau argumen yang tidak hanya masuk akal, tetapi juga tepat. Selanjutnya, selain meyakinkan konsumen, CS juga harus mampu memberikan layanan yang memuaskan.

  • Selalu menepati janji

Ini pun sangat penting. Jangan pernah memberikan janji yang tidak bisa ditepati kepada konsumen. Jangan sampai karena demi meraih closing, CS lalu memberijanji-janji manis sebenarnya tidak akan pernah bisa diwujudkan. Ini bisa membuat reputasi perusahaan Anda memburuk.

Konsumen, apalagi mereka yang belum pernah berbelanja di toko online Anda akan merasa dibohongi. Ini bisa berdampak buruk bagi keberlangsungan usaha Anda, karena jika tidak segera mendapatkan solusi, sudah pasti mereka komplain dan menyebar layanan di toko online Anda kepada orang lain. Lebih buruk lagi, mereka akan menulisnya di akun-akun media sosial yang mereka miliki.

READ  7 Skill Wajib Bagi Customer Service Toko Online Anda

Jadi pastikan CS tahu betul janji seperti apa yang bisa mereka berikan kepada konsumen. Bukan hanya janji-janji manis, tetapi juga realistis. Ini penting karena CS juga harus menjaga citra atau nama perusahaan.

  • Mengikuti Standar dan nilai-nilai yang berlaku di perusahaan

Toko online Anda tentu memiliki standar kerja dan nilai-nilai yang berbeda dari toko online lainnya. Anda perlu memastikan CS sudah memahaminya dan melakukan tugas sesuai dengan standar yang berlaku di perusahaan Anda.

CS harus mematuhi semua aturan yang berlaku di perusahaan Anda dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen. hal ini juga harus dilakukan secara konsisten calon konsumen dan pelanggan setia Anda mengenali ciri khas toko online Anda.  Ciri khas ini lah yang kemudian membuat konsumen memilih untuk tetap setia.

  • Memberikan excellent service atau layanan prima

Apapun yang terjadi, CS harus selalu memberikan layanan prima. Biasanya pelanggan atau calon konsumen tidak akan peduli dengan kondisi perusahaan atau suasana hati CS. Itulah sebabnya layanan prima tetap harus diberikan untuk menjaga konsumen tidak berpindah ke lain hati.

Layanan prima yang didapatkan oleh setiap konsumen akan diceritakannya ke orang lain. Marketing dari mulut ke mulut ini akan dilakukan sukarela oleh konsumen Anda yang terpuaskan. Cara pemasaran seperti ini yang efektif menjangkau dan meraih lebih banyak pelanggan baru.

Nah, bagaimana dengan toko online Anda. Sudah mulai kewalahan dan Anda butuh CS atau admin profesional yang cakap? Jobshare bisa menjadi rekan kerja andalan. Mulai dari perekrutan sampai pelatihan customer service, Jobshare yang menyiapkan bagi pebisnis online.

Diera digital yang serba cepat ini, kerja keras saja tidak lah cukup. Anda juga perlu bekerja cerdas supaya tidak kalah langkah dari pesaing. Mungkin menangani toko online bisa Anda lakukan sendiri untuk menghemat pengeluaran. Tapi yakin Anda akan selalu bisa mengawasi toko online, tabah dengan keluhan pelanggan atau harus rela meninggalkan orang-orang tersayang demi menanti konsumen belanja?

READ  10 Manfaat Manajemen Medsos untuk Bisnis Anda dari Jasa Outsourcing Jogja

7 tips sukses menjadi customer service Shopee di atas bisa Anda terapkan jika ingin menangani toko online Anda sendiri. Bagi Anda yang sudah bosan ribet dan ingin dapat solusinya, hubungi Jobshare sekarang juga. Sukses itu bukan ditunggu, tapi diraih. Punya CS online itu langkah awal kesuksesanAnda. Tunggu apa lagi?

Similar Posts